Bermula dari kegelisahan terhadap wajah yang menggelap setelah seharian main di Dufan (wkwk), gue berikhtiar mencari skin care yang mampu mencerahkan kulit kembali. Setahu gue, mencerahkan kulit itu susah-susah gampang, karena nggak semua produk pemutih efektif. Dan pastinya, mencerahkan kulit nggak bagus dilakukan dengan produk drug store biasa yang banyak mengandung bahan kimia (ups! Sorry not sorry).

Nah, sepengalaman gue dalam menjajal dunia skin care, kulit sempat kelihatan lebih cerah sih waktu pakai Cosrx Galactomyses 95 Whitening Power Essence. Perubahannya pun cukup disadari oleh orang-orang terdekat lho. Sayangnya, kandungan yeast-nya nggak cocok di kulit dan bikin beruntusan, sehingga gue menghentikan penggunaan di hari ke-4. Ulasan selengkapnya bisa dibaca di sini.

Tapi, berangkat dari pengalaman itulah gue jadi tahu bahwa kandungan Cosrx yang membuat kulit gue lebih cerah adalah Niacinamide. Penasaran kan, sebenarnya apa sih Niacinamide itu dan kenapa sangat efektif untuk mencerahkan kulit?

Tentang Niacinamide yang Mencerahkan Kulit

Niacinamide sebenarnya merupakan vitamin B3 yang juga biasa disebut sebagai Nicotinic Acid. Penggunaannya untuk perawatan kulit telah dilakukan sejak abad ke-20. Dikutip dari Beauty Journal by Sociolla, Niacinamide memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit lho, di antaranya:

  1. Mengencangkan: dengan memperkuat pertahanan lapisan kulit terluar.
  2. Bersifat anti-peradangan: meredakan jerawat matang dan menghilangkan bekasnya.
  3. Mengendalikan produksi minyak: sehingga pori-pori lebih bersih dan mengecil.
  4. Menjaga kelembapan kulit: dengan meningkatkan produksi ceramide yang mengikat air.
  5. Mencerahkan kulit: dengan merangsang produksi kolagen.
  6. Mencegah kanker kulit melanoma: dengan merangsang perbaikan kulit yang terbakar sinar UV.
makanan sumber vitamin B3
Makanan sumber vitamin B3 Niacin

Wow! Manfaat Niacinamide bagi kulit keliatannya sangat menjanjikan bukan? Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, dengan semangat 45 gue mencari produk skin care dengan kandungan utama Niacinamide. Yeah.

Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu, brand-brand yang terkenal dengan produk Niacinamide-nya antara lain: The Ordinary, Paula’s Choice, dan Instanatural. Ketiganya memasukkan 5%-10% Niacinamide dalam kandungan serumnya. Tapi lucunya, gue sama sekali nggak terpikir untuk membeli ketiga merek tersebut, secara gue menemukan skin care Niacinamide di flash sale Shopee. 😂

Review Cos De Baha Niacinamide Toner & Serum

Jadi gue menemukan kedua produk ini waktu iseng buka-buka flash sale Shopee, tepatnya di toko Cos_De_Baha_ID. Mereknya sendiri Cos De Baha, dan tanpa pikir panjang gue purchase toner plus serumnya sekaligus. Impulsivitas gue terpenuhi saat itu juga wkwk. Tapi itu pun harus sabar nunggu pengiriman yang lumayan lama yah (produknya dikirim langsung dari Korsel), sekitar 8 hari lah baru tiba.

Setelah sampai, langung gue pakai produknya malam itu juga sesudah membersihkan muka. Gue aplikasikan dulu tonernya, baru serumnya, lalu pakai obat jerawat, dan langsung bobo blas. Gue sengaja nggak langsung nulis review karena mau bener-bener pastiin efektivitas dari si Niacinamide ini. Sebab konon katanya efek Niacinamide untuk mencerahkan kulit baru terlihat setelah 4 minggu. Kebetulan juga muka gue pas lagi breakout parah dengan kondisi hyperpigmentation, kayaknya gara-gara micellar water ini deh zzz.

Oke long story short. Untuk yang mau tahu, ini adalah review Cos De Baha Niacinamide.

Review Cos De Baha Niacinamide

1. Toner

  • Kemasannya terbuat dari plastik dengan bibir botol yang kecil. Cara mengeluarkan cairannya bisa dengan ditunggingin aja atau dipencet (kalau nggak sabar).
  • Teksturnya bener-bener menyerupai air putih dan nggak berbau sama sekali. Tapi kalau kejilat ada rasa-rasa aneh, jadi gue yakin ini bukan air putih biasa sih.
  • Setelah diaplikasikan nggak ada rasa lengket sama sekali, dikipas sebentar juga sudah menyerap dengan sempurna. Gue mengaplikasikannya dengan jari, nggak pakai kapas karena malas.
  • Setelah pemakaian wajah terlihat lebih plumping dan lembap.

Review Cos De Baha Niacinamide Toner

2. Serum

  • Kemasannya terbuat dari plastik juga dan berupa botol pipet.
  • Teksturnya lebih kental, dan nggak berbau sama sekali juga.
  • Setelah diaplikasikan ke wajah, awalnya terasa lengket seperti serum pada umumnya. Tetapi setelah menyerap sempurna, nggak selengket pada awalnya.
  • Setelah pemakaian wajah terlihat plumping, lembap, cerah, dan pori-pori tampak lebih halus.

Meski secara merek kurang terkenal, gue pribadi merasa Cos De Baha Niacinamide Toner dan Serum sangat efektif untuk menghilangkan noda jerawat yang awalnya parah banget (bener deh udah kayak orang habis kena cacar cui). Beberapa teman gue cukup notice dengan memudarnya bekas jerawat ini. Di bawah ini kalian bisa lihat sendiri komparasi perubahannya dari hari ke hari. Memudar banget kan?

menghilangkan bekas jerawat

Selain itu, gue juga dapat komentar positif dari pacar. Dia bilang sejak rutin menggunakan Cos De Baha Niacinamide, kulit wajah gue jadi lebih bersih sampe-sampe dia jadi takut megangnya, takut lecet katanya. Hahahaha ngakak.

Ampuh Mencerahkan Kulit?

Ya in overall gue sangat happy dengan performa Niacinamide untuk mencerahkan kulit secara alami dan efektif. Gue personally next-nya mau coba Instanatural karena ke-trigger sama review Julia Caban di sini, jadi belum tentu akan repurchase Cos De Baha sih.

Sebenarnya kalian bisa pakai merek apapun yang kalian lebih sreg, karena anyway, Niacinamide will do the work for your skin. Tapi ingat, jangan lupa patch test dulu untuk ngecek apakah kalian alergi atau nggak ya!

Nah itu aja sharing pengalaman gue mencerahkan kulit secara alami dengan Niacinamide. Kalian sendiri, ada pengalaman dalam mencerahkan kulit yang efektif selain pakai Niacinamide? Atau ada pengalaman unik lainnya dengan Niacinamide? Yuk share di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here