Pasti pernah dengar dong kalau Kelapa Gading adalah surga kuliner? Rupanya ungkapan ini nggak berlebihan, apalagi untuk urusan bakmi. Kita bisa dengan mudahnya menemukan berbagai jenis kedai bakmi enak di sepanjang jalanan Kelapa Gading –dari Boulevard Barat ke Timur, Boulevard Utara ke Selatan – mulai dari yang harganya belasan ribu sampai seratus ribu per porsi.

“Anak Gading” biasanya sih sudah punya bakmi favoritnya masing-masing. Tapi kalau bukan warga Kelapa Gading, mungkin bingung mau nyobain yang mana. Nah, buat kamu yang penasaran bakmi apa sih yang wajib dicobain saat ke Kelapa Gading… sebagai pecinta bakmi yang sudah tinggal di Kelapa Gading ± 25 tahun alias sejak lahir, aku mau memberikan 3 rekomendasi bakmi enak di Kelapa Gading yang jujur dan lengkap (plus ramah di kantong). Check it out!

1. Bakmi Karet Foek

Tipe: mie karet

Harga: Mulai dari Rp 17.000 per porsi

Jl. Gading Elok barat III, CF 1 No 1, Kelapa Gading Timur, Jakarta 14240

Selasa – Minggu, 05.30 – 21.00 (Senin libur)

Non Halal

Bakmi Foek adalah salah satu bakmi legendaris paling santer di Kelapa Gading, lokasi tepatnya ada di belakang apartemen Wisma Gading Permai. Meskipun tempatnya hanya di halaman rumah dan nggak ber-AC, bakmi ini nggak pernah sepi pengunjung. Cuma kekurangannya memang kalau siang dan ramai agak panas, sehingga nggak cocok buat nongkrong. Dan kadang pelayanannya suka lama (meskipun lagi nggak ramai loh).

bakmi enak di kelapa gading

Untuk jenis bakminya ada dua pilihan, yaitu mie karet dan mie halus. Selain itu, pilihan dagingnya ada 2, yakni ayam rebus dan babi cincang. Sedangkan untuk porsinya tersedia ukuran besar dan kecil. Favorit aku adalah mie halus dengan daging campur, harganya cuma Rp 21.500. Tapiii… kadang biar hemat aku pesen daging ayam aja, harganya cuma Rp 20.000 dan itu sudah enak bangettt.

Yang spesial menurut aku sambalnya. Rasanya beda dari sambal bakmi pada umumnya, sambalnya lebih kental dan pekat. Sedikit aja sudah pedas dan hot banget! Selain itu, rasa kuahnya juga kaldu ayam asli bukan royco, kayak sup yang biasa dibuat mama di rumah pakai rebusan ayam. Fix, bakmi karet Foek adalah rekomendasi bakmi enak di Kelapa Gading pertama!

2. Bakmi Awat

Tipe: mie bangka

Harga: Mulai dari Rp 22.000 per porsi

Jl. Hibrida Raya Blok PE 10 No.31, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta 14250

Selasa – Minggu, 06.00 – 17.00 (Senin libur)

Non Halal

Rekomendasi bakmi enak di Kelapa Gading yang kedua adalah bakmi Awat. Sama seperti Foek, bakmi Awat ini sudah berdiri bertahun-tahun dan merupakan salah satu bakmi bangka terenak di Kelapa Gading (selain Ahaw). Bakmi Awat ini juga ramai meskipun hanya berupa ruko dan nggak pakai AC, terutama kalau pagi hari atau saat bubaran gereja.

bakmi enak di kelapa gading

Bumbu dagingnya manis dan mie nya keriting seperti bakmi bangka pada umumnya, harga seporsi normal cuma Rp 22.000. Yang mantap banget menurut aku adalah pangsitnya. Tiada dua! Bumbu dan tekstur pangsitnya passs banget dimakan bareng bakmi. Untuk pangsit bisa pesan seporsi isi 10 Rp 24.000 atau setengah porsi isi 5 harganya Rp 12.000 saja.

Kekurangannya adalah kadang rasa bakminya suka berubah-ubah, kadang manis kadang kurang manis… tapi karena bisa ditambahin sambal bangka manis favorit aku, perubahannya masih bisa ditolerir. Buat yang doyan bakmi bangka, wajib banget ke sini!

3. Bakmi Bintang Gading

Tipe: mie ujung pandang

Harga: Mulai dari Rp 36.000 per porsi

Jl. Boulevard Raya QA 5 No.20-2, Kelapa Gading Barat, Jakarta 14240

Senin – Minggu, 07.00 – 00.00

Non Halal

Aduh ini bakmi sudah terkenal banget hahaha, sekarang malah sudah ada banyak cabangnya di Tanjung Duren, Kapuk, Puri, sampai Cengkareng. Tapi bakmi Bintang Gading menurut aku tetap recommended untuk disantap karena ini adalah salah satu bakmi enak di Kelapa Gading. Kabarnya bakmi Bintang Gading pecah kongsi sama pemilik bakmi Baji Pamai, dan baru-baru ini pecah kongsi lagi sama bakmi Gading Permai. Ya rasanya beti – beda tipis, tapi aku suka ke Bintang Gading karena tempatnya nyaman dan ada wifi nya.

bakmi enak di kelapa gading

Untuk jenis bakminya juga tersedia dua pilihan, yaitu mie besar dan mie halus. Pilihan dagingnya juga ada 2, yakni ayam rebus dan babi panggang.  Sedangkan untuk porsinya tersedia ukuran besar dan kecil. Favorit aku adalah mie halus dengan daging campur dan porsi harus besaarrrr! Soalnya yang kecil tuh kurang kenyang dan selisih harganya cuma Rp 3.000, rugi kan. Hehehe. Untuk harga porsi besarnya Rp 42.000 sekarang, tapi worth it karena sudah termasuk pangsit 2 buah dan dijamin kenyang.

Selain itu, yang bikin jatuh cinta sama bakmi ini adalah “ampas B2” nya! Itu lho samcan B2 yang dipotong dadu trus digoreng, buat taburan mie tuh begh… ancur! Kekurangan makan di bakmi Bintang Gading adalah mesti hati-hati saat mau konsumsi sambal mereka, harus diinspeksi dan diendus dulu… karena kadang-kadang sambalnya kurang fresh dan berisiko bikin kita mencret-mencret keesokan harinya. Wkwkwk

Nah, itu dia 3 rekomendasi bakmi enak di Kelapa Gading yang sejujur-jujurnya dan selengkap-lengkapnya. Ada buanyaak banget bakmi enak di Kelapa Gading, seperti bakmi Aloy dari Palembang, bakmi Asiong dari Surabaya, bakmi Asiu dengan siobak garingnya, bakmi Siantar Kofei, dan banyak lagi. Tapi 3 bakmi di atas adalah bakmi terfavorit yang nggak pernah ngebosenin VERSI AKU, artinya subjektif yaaa. Boleh setuju boleh nggak.

Kalau kalian, punya rekomendasi bakmi apa? Yuk tulis di kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here