Semua pasti setuju kalau Bandung disebut sebagai surganya staycation, dan short escape, apalagi buat orang Jakarta yang penat sama rutinitas. Sesering apapun kamu ke Bandung, kota ini nggak akan pernah membosankan. Secara banyak banget tempat wisata, penginapan, dan kuliner yang menarik di Bandung. Nah, di artikel kali ini, aku mau bahas 6 wisata kuliner Bandung yang legendaris dan pastinya anti zonk, mulai dari pinggir jalan, tempat nongkrong, sampe restoran keluarga. Yuk baca terus!

1. Batagor H. Darto

Jl. Ir. H. Juanda No.202

Sebagai kota asal batagor, Bandung memiliki beberapa gerai batagor legendaris, salah satunya Batagor H. Darto.  Sudah berdiri sejak tahun 1980, batagor H. Darto masih berjaya dengan pelanggan setianya. Saking terkenalnya, mungkin semua orang Bandung tahu gerai batagor ini atau seenggaknya pernah mendengar.

Untuk tempatnya sebenarnya biasa aja, dan kalau makan di tempat siang hari rasanya kurang nyaman karena hanya ada kipas angin. Tapi semuanya terlupakan setelah kamu nyobain batagornya!

Rasa batagornya enak dengan kekenyalan yang pas, karena bentuknya nggak tipis seperti batagor pada umumnya. Di-take away pun masih garing dan nggak jadi alot. Kuah kacangnya juga gurih dan kental. Selain itu, harganya juga bersahabat banget. Nggak heran, meski tempatnya kecil, batagor ini tetap ramai. Pecinta batagor wajib banget nyobain batagor H. Darto ini!

 

2. Seblak Ramdhan

Jl. Moch. Ramdan No.39

Saat lagi nginep di Bandung, tiba-tiba aku ngidam seblak banget. Akhirnya aku order Seblak Ramdhan dengan Grab-Food karena jaraknya lumayan dekat dari hotelku di daerah Sukajadi. Pas seblaknya sampai… beegh! Nggak zonk sama sekali. Aroma kencurnya langsung tercium, dan rasanya endeuusss banget. Isinya banyak, mulai dari seblak, makaroni, telur, sayur, sampai ceker. Harganya juga murah lho! Saking doyannya, besoknya aku pesan lagi hihi.

Seblak Ramdhan
Endeusss…

Seperti seblak pada umumnya, seblak Ramdhan juga menawarkan beberapa level kepedasan. Cuma level kepedasan ini kayaknya kurang konsisten. Awalnya aku pesan level 1 itu biasa aja pedasnya, eh tapi besoknya aku pesen level 2 malah pedaaaass banget! Tapi nggak kapok sih, akul pasti mau pesan seblak ini lagi kalau ke Bandung.

 

3. Es Pa Oyen 18

Jl. Sukajadi No.8

Menurutku, ini tempat makan paling aneh di Bandung! Kenapa? Karena tempat ini sempiiiit banget tapi pengunjungnya banyak! Apa lagi kalau sudah jam maghrib atau waktu makan, bisa ngantri-ngantri. Oh ya, meskipun nama tempatnya Es Pa Oyen 18, di sini mereka juga menyediakan mie bakso nyamin dan siomay yang cocok banget buat teman makan es. Wisata kuliner Bandung belum lengkap kalau belum kemari.

Es Pa Oyen 18
Es Campur dan Teler Pa Oyen 18

Aku nyobain mie nyamin-nya, cukup enak meski nggak istimewa gimana banget sih. Yang enak itu siomaynya deh, kenyalnya pas, bumbu kacangnya juga top. Untuk esnya aku pesan es campur dan teler. Dua-duanya segar, maknyus. Tadinya aku mau pesan es yang ada duriannya, tapi sayang lagi kosong. Tapiii yang bikin makin enak di sini adalah harganya yang murah! Hahaha. Menurutku, tempat ini recommended dipesan delivery aja, daripada repot makan di sini secara parkirnya juga agak susah.

Es Pa Oyen 18
Mie nyamin dan baso juga tersedia di Es Pa Oyen 18

 

4. Bakmi Apin

Jl. Sukajadi No.158

bakmi Apin bandung
Daging cincang di bakmi Apin halusss banget…

Bakmi Apin ini bakmi bangka yang terkenal bangeeet di Bandung! Cocok menjadi salah satu destinasi wisata kuliner Bandung kamu. Sebagai pecinta bakmi, aku sama sekali nggak nyesel makan bakmi di sini. Rasanya otentik, ada pilihan mie original (asin) dan mie nyamin (manis). Yang unik dari bakmi Apin menurutku adalah dagingnya, karena dincincang halus banget. In overall, tekstur mienya pas, bumbunya enak, dan pangsitnya juga enak. Cocok banget buat makan rame-rame sarapan sama keluarga karena restorannya luas dan lapang!

 

5. Tizi’s

Jl. Kidang Pananjung no. 3

This is the hidden gem in the middle of Bandung city! Beneran, mungkin nggak banyak anak muda yang tau Tizi’s di Bandung, sebab lokasinya agak tersembunyi. Konon, restoran keluarga legendaris bertema Belanda ini sudah berdiri sejak 1960an dan awalnya merupakan toko roti. Tapi sekarang Tizi’s telah berubah menjadi cake shop dan steak house.

Restoran Tizi’s ini berupa rumah luas berdekorasi khas Belanda dengan taman di tengah-tengahnya. Saat kami datang memang restoran agak sepi, tapi nggak lama kemudian kami dilayani oleh seorang mas-mas. Sembari menunggu pesanan datang, kami jajan kudapan khas Belanda di cake shop. Setelah sempat bingung, akhirnya pilihan kami jatuh pada Kaserol dan Chocolate Roll yang ternyata enaaaak! Benar-benar kayak cake jadul buatan nenek (meskipun nenekku nggak pernah bikin ini sih).

Seperti restoran barat pada umumnya, sebelum hidangan utama tiba, kita akan disuguhkan dengan roti bluder dan mentega. Kali itu, kami memesan Sirloin Steak dan Schaschlik, dua menu yang paling populer di Tizi’s. Lalu bagaimana rasanya?  Untuk Sirloin Steak-nya enak dan memenuhi standard. Hanya saja ada banyak steak enak yang pernah aku coba di Jakarta, jadi rasanya tidak seistimewa itu. Tapiii Schaschlik-nya, juara! Melebihi ekspektasi saat kita lihat fotonya. Dagingnya juicy, bumbunya meresap sempurna, tidak hangus, mash potatonya pun lembut dan enak. Ini menu yang paling aku rekomendasikan saat kamu mampir ke Tizi’s.

Schaschlik Tizi's Bandung
Schaschlik Tizi’s juara! Dagingnya juicy, bumbunya meresap sempurna

In overall, Tizi’s adalah tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama orang terkasih di akhir pekan sambil menyantap hidangan lezat. Tapi jangan lupa siapkan budget lebih ya, secara Tizi’s termasuk restoran yang cukup pricey dengan harga satu main course-nya bisa mencapai 100 ribu rupiah.

Sirloin Steak Tizi's
Penampakan Sirloin Steak Tizi’s… nyumm!

 

6. Sei Sapi Lamalera

Jl. Bagus Rangin No.24a

Ini salah satu kuliner Bandung paling favorit aku! Nah, seperti yang kita tau, sei itu makanan khas Kupang dari babi yang diasap yah. Tapiii… di sei sapi Lamalera, semuanya halal! Kita bisa menikmati enaknya daging sapi atau ayam asap dengan nasi hangat ditambah dengan pilihan sambal yang maknyus. Meskipun agak berbeda dengan rasa sei original, tapi sei ini nggak kalah enaknya! Saking enaknya, aku sampai bungkus untuk dibawa ke Jakarta. Hahaha.

Beberapa kali aku datang, restoran ini selalu ramai bahkan kadang waiting list. Tapi jangan khawatir, sembari menunggu kita bisa jajan cilor yang biasa nongkrong di depan restoran ini kok. Letak restorannya sendiri dekat kantor Telkom. Pokoknya, Sei Sapi Lamalera ini wajib banget dijajal saat ke Bandung!

7. Two Hands Full (Bonus)

Jl. Dago No.113

Ini agak sedih sih, bingung mau masukin ke daftar atau nggak setelah tau bahwa restoran ini sudah tutup per Maret 2020 kemarin. Mungkin Two Hands Full bukan termasuk restoran legendaris di Bandung, tapi aku masukin ke daftar karena sebelumnya restoran ini cukup terkenal di kalangan anak muda. Restoran bernuansa rustic yang comfy ini adalah tempat yang cocok untuk brunch cantik sambil kongkow dengan teman-teman atau keluarga.

Omega Lover Two Hands Full Bandung
Omega Lover, kaya protein

Di sini tersedia berbagai jenis jus sehat yang bisa dipilih sendiri sesuai selera. Untuk hidangannya yang ala-ala barat modern, aku sempat cobain Omega Lover, yaitu sejenis toast yang disajikan dengan salmon dan salad, ditambah dengan 2 telur dan puree beet. Menu ini memang barat banget sih, tapi bernutrisi tinggi, rasanya blended well dan segar, cocok untuk brunch.

Lemon Berry Waffle Two Hands Full Bandung
Lemon Berry Waffle, cantik dan enak!

Selain itu, aku juga mencoba Lemon Berry Waffle, yakni waffle yang disusun cantik bersama es krim vanilla, dihias dengan buah dan saus beri segar, dan ditaburi bunga-bunga. Bunga-bunga? Yes! Aku nggak tau bumbunya apaaa tapi ini sumpah enak, waffle terenak yang pernah aku makan. Waffle-nya garing, saus rahasianya enakkk ditambah es krim vanilla… begh, surga. Sedih banget restoran ini udah tutup. Tapi karena suka ya sudah aku tulis aja.

Itu dia daftar 6 (atau 7) wisata kuliner Bandung terfavorit aku, mulai dari pinggir jalan sampai kafe cantik. Semoga informasinya bermanfaat untuk kalian yang akan merencanakan berlibur ke Bandung dalam waktu dekat ya. Thank you sudah membaca!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here