Halo, kali ini aku mau berbagi pengalaman mengenai persiapan pernikahan, khususnya dalam membuat cincin kawin di Soulmate Wedding Rings. Mungkin ada banyak capeng (calon pengantin) di luar sana yang bingung harus nyari cincin kawin dari mana. Apalagi kalau kalian memiliki budget terbatas, yang artinya opsi cincin kawin jadi semakin sedikit. Tapi jangan khawatir, kamu bukan yang satu-satunya bingung kok!

Aku dan pasangan mengalokasikan budget untuk cincin kawin itu nggak besar (sebenarnya besar kecil itu relatif sih). Pokoknya budget kami masih under 5 juta rupiah. Dan kami sadar bahwa dengan budget segitu, kami nggak bisa mendapatkan cincin kawin yang mewah, apalagi sudah tahun 2020 begini. Malah agak sangsi kalau bisa dapat cincin sepasang :”) Tapi hal ini nggak mustahil lho. Baca pengalaman dan tips aku dalam membuat cincin kawin custom dengan budget terbatas berikut ini!

1. Pilih Model Cincin Kawin

Pertama, sebelum mencari tempat untuk membuat cincin, kami memilih dulu bahan dan modelnya. Jaman sekarang sih gampang ya, kita bisa cari referensi model cincin kawin yang diinginkan di Google, Instagram, atau Pinterest. Memilih model menurutku sebaiknya dilakukan sebelum ke toko untuk menghindari terbuangnya waktu. Misalnya karena harus memilih lagi di etalase toko dan bolak balik karena tidak sreg dengan model yang ditawarkan. Nah, ini dia model cincin yang kami pilih untuk dibuat, simpel banget.

model cincin kawin custom
Model cincin yang kami inginkan

2. Menentukan Tempat Pembuatan

Setelah memilih model, saatnya memilih toko. Nggak bohong, this is the trickiest part karena aku sama sekali buta soal cincin kawin. Tadinya aku malah sempat tertarik dengan toko cincin kawin di Instagram, tapi mengurungkan niat karena lokasinya terlalu jauh, yakni di Jogjakarta. Aku juga pernah dengar beberapa sentra atau toko yang menawarkan jasa pembuatan cincin kawin custom di Jakarta yang sudah terkenal, seperti Cikini Gold Center. Tapi aku malas banget pergi ke sana karena cukup jauh dan memang belum sempat karena sibuk.

Review Soulmate, Tempat Pembuatan Cincin Kawin Custom

Setelah browsing browsing, aku ketemu satu toko yang cukup populer di kalangan capeng area Kelapa Gading, yaitu Soulmate Wedding Rings. Aku sering lewat depan gerainya di Mall Artha Gading. Kebetulan karena daerah tinggalku dekat, pilihan kami akhirnya jatuh di sini. Apalagi setelah membaca testimoni pelanggannya di Google yang bagus-bagus, katanya penjualnya ramah, harga murah, dan cepat pengerjaannya. Aku juga jadi semakin yakin setelah melihat ada juga mutual friend yang sudah follow akun Soulmate di Instagram.

Tapi nyatanya, pembuatan cincin kawin kami nggak semulus itu. Jadi awalnya kami sudah cek via Whatsapp, apakah Soulmate Wedding Rings bisa membuatkan cincin dengan model dan budget yang kami inginkan. Jawabannya, “sepertinya bisa, tapi untuk jelasnya sebaiknya mampir ke toko kami”. Oke setelah datang ke sana, kami malah merasa nggak dilayani dengan baik. Kami tahu ko Charly, pemilik toko itu melayani seorang diri dan saat itu ada beberapa pelanggan. Tapi dia bahkan lebih memilih untuk berbincang dengan anak-anak daripada melayani kami yang sudah cukup lama menunggu. Setelah toko sepi, baru kami dilayani (itu pun seperti ogah-ogahan).

Kemudian kami memberi foto referensi model cincin yang kami inginkan. Si koko membuat sketsa 2D di kertas nota, lalu meminta aku untuk mencoba ukuran cincin. Saat mencoba ukuran cincin, aku nyaman dengan ukuran 16 karena nggak terasa terlalu ketat. Tapi si koko nggak terima dan bilang, “kamu percaya sama saya yang sudah profesional nggak?” Astaga, menurutku itu arogan banget! Padahal setahuku – dan mamaku juga sudah berpesan – untuk jangan membuat cincin kawin terlalu ketat karena semakin tua jari kita berpotensi semakin menggemuk, apalagi kalau sedang hamil.

Hasil Cincin Kawinnya?

Akhirnya, meski sedikit bimbang, kami tetap order cincin kawin di sana. Katanya akan selesai dalam 30 hari. Setelah itu, kami dibuatkan grup Whatsapp untuk memonitor pesanan kami. Nah, selepas 30 hari, aku tanyakan lagi status pesanan kami karena belum ada kabar. Dan jawabannya: masih proses! Padahal aku baca testimoni di Google bahwa si koko nggak pernah telat (apakah ada diskriminasi di sini?), dan akhirnya kami dipanggil untuk melihat hasilnya 7 hari kemudian.

review Soulmate Wedding Ring Artha
Cincin selesai terlambat dari durasi yang dijanjikan

Dengan excited aku pergi ke Soulmate untuk lihat hasil cincin kami. Tapi apa? Kami KECEWA. BANGET. Hasilnya sama sekali nggak kayak foto referensi yang sudah kami tunjukkan sebelumnya. Benar-benar jelek, cuttingan nggak rapi, hanya kayak berupa lempengan cincin jadul gepeng yang ketebelan. Aku nggak sempat foto, tapi akhirnya aku minta cincin itu untuk diperbaiki dan diperbesar ukurannya karena seperti yang sudah kuduga, cincinnya ngepas.

Pulang dari Soulmate aku nangis, nyesel banget sudah bikin cincin kawin di sana. Sampe pacar aku janji nanti bakal beliin cincin kawin di tempat lain kalau hasil perbaikannya masih jelek juga. Aku nggak habis pikir kualitas cincin kawin di Soulmate Wedding Rings bisa seburuk itu, kayak bener-bener nggak niat! Padahal dengan 5 juta, sebenarnya bisa beli cincin kawin yang cukup bagus di toko lain.

review Soulmate Wedding Ring Artha 2
Supaya kesalahannya nggak terulang, aku sampai kirim lagi foto referensinya di grup Whatsapp

Akhirnya 10 hari kemudian, perbaikan cincinnya sudah selesai dan kami disuruh datang lagi ke sana. Kali ini ada 2 koko yang melayani: si ko Charly yang kayak biasa ogah-ogahan, dan koko yang satunya lagi yang cukup ramah. Dia minta kami tunggu sebentar waktu grafirnya belum selesai. Dan lumayan, hasil cincinnya berubah total jadi seperti yang kami inginkan. Tadinya kami mau kasih rating 1/5 buat Soulmate, tapi karena puas dengan hasil finalnya jadi 3/5 lah. Tapi sumpah capek banget banyak drama!

Kesimpulannya, kalau budget kalian nggak gede-gede amat, aku cukup yakin kalian akan mengalami hal yang sama buruknya seperti yang aku alami di Soulmate.

hasil cincin kawin custom
Syukurlah hasilnya berubah total dari yang pertama kami lihat

Jadi, berdasarkan pengalaman aku, ini saran untuk para capeng yang mau membuat cincin kawin custom dengan budget terbatas:

1. Kalau memang ingin custom, pilih model yang sederhana

Pemilihan model harus menyesuaikan dengan kesanggupan biaya kita dan durasi pengerjaan. Jika model rumit, pasti akan memakan biaya lebih besar dan waktu pengerjaan yang lebih lama.

2. Tempat pembuatan cincin kawin menentukan kualitas

Sebaiknya cari referensi dari teman dekat yang terpercaya, dan sebisa mungkin cari toko yang bisa menghargai pelanggan berapapun nilai ordernya. Jangan seperti pengalaman kami.

3. Lebih baik beli yang sudah jadi

Kalau kalian mempunyai ukuran jari yang cukup umum, sejauh memungkinkan sebaiknya beli cincin kawin yang sudah jadi di toko. Selain lebih murah, kamu bisa menghindari drama yang nggak perlu. Hahaha.

Untuk kalian yang sedang dalam proses persiapan pernikahan dan mencari cincin kawin, semoga terbantu dengan ulasan yang aku bagikan ini. Tetap semangat dan tetap positif selama persiapan pernikahan ya. Aku akan bagikan pengalaman lainnya selama persiapan pernikahan di blog berikutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here