Berencana berlibur ke Malang dalam waktu dekat? Pilihan yang tepat! Baik pergi bersama keluarga atau teman, Malang merupakan salah satu destinasi paling seru di pulau Jawa. Selain karena harganya yang terjangkau dan kuliner yang enak, Malang memiliki banyak tempat wisata menarik lho. Salah satunya adalah Jatim Park 2. Di artikel kali ini, aku mau mengulas kenapa Jatim Park 2 menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Malang! [Spam Photo alert]

Pengalaman ke Jatim Park 2

Jadi sekitar 6 bulan yang lalu, aku berencana pergi ke Malang bareng teman-teman kantor selama 4 hari 3 malam. Agenda utama kami memang pergi ke Bromo (konten coming soon ya) dan kami bingung mau menghabiskan waktu di hari berikutnya ke mana. Ada beberapa pilihan tempat wisata yang dekat dari Malang, tepatnya di kota Batu, yaitu: Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan Batu Night Spectacular (BMS).

Jujur saat itu kami bingung banget mau pilih Theme Park yang mana. Jatim Park 1 berupa taman wahana, sedangkan Jatim Park 3 lebih ke spot foto kayak di The Ranch Puncak. Kayaknya kurang cocok untuk kami. Batu Night Spectacular sendiri lebih bagus dikunjungi setelah malam hari. Makanya setelah musyawarah + suwit, kami putuskan untuk pergi ke Jatim Park 2 karena mau mengunjungi Batu Secret Zoo di sana.

Kami berangkat sekitar jam 9 dari kota Malang menuju Batu dengan mobil sewaan. Perjalanan ke sana pun cukup lancar, sekitar 45 menit. Sesampainya di Jatim Park 2, kesan pertamaku adalah: rapi. Parkirannya mudah dan teratur, nggak lama kemudian kami dapat spot parkir.

Menuju ke loket penjualan tiket, ternyata ada 3 jenis tiket di sana. Ada tiket khusus Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa), tiket khusus Eco Green Park, dan tiket terusan untuk semua wahana. Karena sedang on budget, akhirnya kami memilih untuk beli tiket Jatim Park 2 saja. Ini dia keterangan harganya.

Harga-tiket-masuk-jatim-park-2-2020
Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 2020

Di gerbang masuk, kami disambut oleh marching band performance yang menghibur dan menggemaskan. Oh ya, ATM berada persis di pintu masuk sehingga untuk yang belum sedia uang bisa tarik tunai di sana.

Spot Foto Pintu Masuk Jatim Park 2
Foto-foto di Pintu Masuk Jatim Park 2

Terpukau dengan Batu Secret Zoo

Saat memasuki Batu Secret Zoo, kesan yang timbul adalah: BAGUS BANGET. Kandang dan track-nya tertata rapi, koleksi satwanya yang lengkap dikelompokkan berdasarkan jenis atau habitatnya. Kalau berlibur bawa anak-anak, dijamin pasti puas dengan hiburan dan edukasi yang disajikan di sini! Oh ya, perlu juga memperhatikan jadwal pemberian makan hewan ya, supaya tidak ketinggalan atraksi tersebut. Kita juga diperbolehkan ikut memberi makan hewan dengan membayar Rp 5.000 saja.

Selain itu, di Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 juga disajikan spot-spot foto cantik. Dijamin puas deh foto-foto di sini. Kita juga diperbolehkan mengambil foto pakai kamera pribadi dengan hewan liar seperti binturong, burung, dan ular hanya dengan membayar Rp 5.000! Murah banget kan? Tapi kalau mau cetak foto, harganya lain lagi ya. Ini aku tunjukin beberapa hasil foto di sana. Ciamik!

Foto dengan Satwa Liar di Jatim Park 2
Foto dengan satwa liar hanya Rp 5.000
Spot Foto di Batu Secret Zoo

Setelah lapar, kami makan di kantin yang berada di dekat wahana permainan Fantasy Land. Kantinnya besar, harganya cukup terjangkau, dan pilihan makanannya banyak – mulai dari chinese food sampai ayam goreng kentucky. Nggak bakal bingung deh anak mau makan apa di Jatim Park 2, secara banyak banget pilihannya.

Selepas makan, kami main lagi! Kami naik semacam alap-alap berebentuk hiu dan komedi putar. Wahananya nggak selengkap dan semenantang dufan, tapi cukup menyenangkan lah untuk anak-anak. Dan… ada rumah hantu lho. Tadinya aku sudah antri masuk bersama teman-teman, tapi pas lihat ada hantu yang melongok dari dalam, aku langsung teriak histeris (asli malu banget sih ini). Akhirnya karena takut, aku jaga tas aja di luar. Hahaha.

Komedi Putar di Jatim Park 2
Kesenengan naik komedi putar. Foto: IG @moondawnproject

Museum Satwa yang Keren Abis

Setelah selesai mengelilingi Batu Secret Zoo, kami berpindah ke Museum Satwa. Sumpah keren banget, nggak bohong! Semuanya aku suka, mulai dari maketnya, penataan dan pencahayaannya, sampai koleksi serangganya. Mirip kayak museum di luar negeri. Aku harap museum di Jakarta juga direnovasi menjadi sebagus ini. Aku mengabadikan beberapa spot yang keren di Museum Satwa. Check it out!

Museum Satwa Jatim Park 2
Lobby Museum Satwa
Pelataran Museum Satwa Jatim Park 2
Pelataran Museum Satwa, lucu ada gajah dicat warna warni
Maket Museum Satwa Jatim Park 2
Maket Museum Satwa keren, hewannya kayak asli ngambang

Nah, itu dia pengalaman aku ke Batu Secret Zoo dan Museum Satwa di Jatim Park 2. Dari pagi sampai sore di sini, nggak ada kata bosan sama sekali. Semuanya bagus dan menyenangkan, nggak kalah sama Taman Safari Puncak – Bogor. Bahkan setelahnya, kita bisa lanjut untuk wisata kuliner nyobain Pos Ketan Legenda di alun-alun kota Batu, secara jaraknya dekat banget. Jadi, kalau berencana pergi ke Malang Bersama sahabat, pacar, atau keluarga, jangan lewatkan Jatim Park 2 ya. Dijamin puasssssss!

Punya pengalaman serupa atau pertanyaan? Jangan ragu untuk tinggalkan komentar di bawah ini ya. Terima kasih sudah membaca!